Jurnal 1
a)
Judul
: Jurnal “Kajian Bisnis
Franchise Makanan di Indonesia”
b)
Pengarang : Dewi Astuti
Bisnis franchise makanan di Indonesia
berkembang dengan cepat. Beberapa factor yang mendorong pertumbuhannya adalah
ciri-ciri franchise itu sendiri, meningkatnya daya beli, trsedianya sumber daya
dengan keahlian yang dibutuhkan, return of investment yang tinggi serta factor
internal seperti motivasi, kepribadian yang terbuka serta perubahan gaya hidup.
Jurnal 2
a)
Judul : Jurnal “Menangkap Peluang Bisnis
Franchise Makanan di Indonesia"
b)
Pengarang : Endang Sulistiyani
Franchise merupakan alternative jalan
keluar yang relative aman bagi orang-orang untuk terjun memiliki bisnis
sendiri. Bisnis franchise akan berhasil apabila franchisor dan franchise mampu
secara jelas memahami dan mendefinisikan kemitraan sebagai bentuk pola kerja
yang terintegrasi. Hubungan kerja franchisor dan franchise adalah sama-sama
mempertahankan citra merk kepada pelanggan. Saling kebergantungan antara
franchisor dan franchisee merupakan factor yang menjamin usaha franchise
menjadi suatu sistem yang efektif karena salah satu pihak ingin pihak lain
berhasil.
Jurnal 3
a)
Judul :jurnal “setrategi Bersaing
Franchise dengan Pendekatan Strategi Pemasaran”
b)
Pengarang :
Edy Wahyudi
Sebelum melaunching franchise, harus
memperhatikan tiga dokumen penting : 1) dokumen operasi manual dalam prosedur
dan proses yang di butuhkan dalam mengelola manajemen unit, 2) Kontrak
franchise, 3) prospek franchise untuk di
kenal kejelasan franchise. Strategi porter focus pada biaya rendah dan
diferensiasi agar bisnis franchise memperoleh keuntungan jangka panjang.
Strategi kolter menjadi kombinasi dimana product, price, promotioan and place,
yang jika produk jasa lebih memperhatikan personality, physical evidence, dan
process agar bisnis franchise dapat meraih keunggulan kompetitifnya.
Latar Belakang :
Fenomena yang menarik di beberapa
tahun ini yakni makin tumbuh bisnis franchise makanan. Kalu kita amati
saat ini banyak sekali usaha baru yang sangat kreatif menawarkan berbagai jenis
produk dan jasa, misalnya usaha makanan modern.usaha makanan modern ini sudah
banyak sekali kita jumpai gerainya di pusat-pusat pertokoan di jalan utama di
lokasi yang strategis di tengah kota contohnya seperti Mc Donald, KFC, Pizza
Hut, Dunkin Donuts dll. Franchise tidak hanya terbatas pada industri makanan
siap saji, tapi semua jenis bisnis yang mungkin di franchisekan misalnya hotel,
property, rumah sakit, SPA, salon, dll. Bisnis Franchise akhir- akhir ini telah
menjadi salah satu trendsenter yang memberi warna baru dalam dinamika
perekonomian Indonesia, munculnya peluang usaha franchise sangat signifikan.
Dalam suatu perekonomian seorang
pengusaha atau seorang produsen harus bisa merubah produksinya sehingga lebih
menarik perhatian konsumen dan mampu menghadapi segala tantangan dan resiko
yang akan terjadi dalam memasarkan setiap produk tersebut . seorang produsen
harus mampu memproduksi barang secara efisien dalam jumlah maupun jenis sesuai
dengan yang dibutuhkan setiap konsumen. Dan dalam berbisnis para pengusaha
harus dapat melayani pelanggannya dengan cara yang efisien sehingga dapat
memberikan keuntungan untuk kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar