Jumat, 12 Oktober 2012

Persaingan Bisnis Franchise di Indonesia

Tugas Metode Riset


Jurnal 1

    a)    Judul               : Jurnal “Kajian Bisnis Franchise Makanan di Indonesia”
    b)    Pengarang      : Dewi Astuti

Bisnis franchise makanan di Indonesia berkembang dengan cepat. Beberapa factor yang mendorong pertumbuhannya adalah ciri-ciri franchise itu sendiri, meningkatnya daya beli, trsedianya sumber daya dengan keahlian yang dibutuhkan, return of investment yang tinggi serta factor internal seperti motivasi, kepribadian yang terbuka serta perubahan gaya hidup.

Jurnal 2

    a)    Judul                 : Jurnal “Menangkap Peluang Bisnis Franchise Makanan di Indonesia"
    b)    Pengarang      : Endang Sulistiyani

Franchise merupakan alternative jalan keluar yang relative aman bagi orang-orang untuk terjun memiliki bisnis sendiri. Bisnis franchise akan berhasil apabila franchisor dan franchise mampu secara jelas memahami dan mendefinisikan kemitraan sebagai bentuk pola kerja yang terintegrasi. Hubungan kerja franchisor dan franchise adalah sama-sama mempertahankan citra merk kepada pelanggan. Saling kebergantungan antara franchisor dan franchisee merupakan factor yang menjamin usaha franchise menjadi suatu sistem yang efektif karena salah satu pihak ingin pihak lain berhasil.

Jurnal 3

a)    Judul             :jurnal “setrategi Bersaing Franchise dengan Pendekatan Strategi Pemasaran”
b)    Pengarang   : Edy Wahyudi

Sebelum melaunching franchise, harus memperhatikan tiga dokumen penting : 1) dokumen operasi manual dalam prosedur dan proses yang di butuhkan dalam mengelola manajemen unit, 2) Kontrak franchise, 3) prospek  franchise untuk di kenal kejelasan franchise. Strategi porter focus pada biaya rendah dan diferensiasi agar bisnis franchise memperoleh keuntungan jangka panjang. Strategi kolter menjadi kombinasi dimana product, price, promotioan and place, yang jika produk jasa lebih memperhatikan personality, physical evidence, dan process agar bisnis franchise dapat meraih keunggulan kompetitifnya.

Latar Belakang :

    Fenomena yang menarik di beberapa tahun ini yakni makin tumbuh bisnis franchise makanan. Kalu kita amati saat ini banyak sekali usaha baru yang sangat kreatif menawarkan berbagai jenis produk dan jasa, misalnya usaha makanan modern.usaha makanan modern ini sudah banyak sekali kita jumpai gerainya di pusat-pusat pertokoan di jalan utama di lokasi yang strategis di tengah kota contohnya seperti Mc Donald, KFC, Pizza Hut, Dunkin Donuts dll. Franchise tidak hanya terbatas pada industri makanan siap saji, tapi semua jenis bisnis yang mungkin di franchisekan misalnya hotel, property, rumah sakit, SPA, salon, dll. Bisnis Franchise akhir- akhir ini telah menjadi salah satu trendsenter yang memberi warna baru dalam dinamika perekonomian Indonesia, munculnya peluang usaha franchise sangat signifikan.

    Dalam suatu perekonomian seorang pengusaha atau seorang produsen harus bisa merubah produksinya sehingga lebih menarik perhatian konsumen dan mampu menghadapi segala tantangan dan resiko yang akan terjadi dalam memasarkan setiap produk tersebut . seorang produsen harus mampu memproduksi barang secara efisien dalam jumlah maupun jenis sesuai dengan yang dibutuhkan setiap konsumen. Dan dalam berbisnis para pengusaha harus dapat melayani pelanggannya dengan cara yang efisien sehingga dapat memberikan keuntungan untuk kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar