BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari
uraian analisis pembahasan BAB IV, diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1.
Tingkat peramalan penjualan untuk periode bulan Juli
tahun 2003 berdasarkan metode yang digunakan adalah :
- Metode Moving Average (MA)
Volume penjualan untuk bulan Juli adalah sebesar Rp
725.388.590, MAD rata-rata sebesar Rp 26.759.502.
Dengan kisaran antara Rp 698.629.088
sampai dengan Rp 752.148.092.
- Metode Weight Moving Average (WMA)
Volume penjualan untuk bulan Juli
tahun 2003 adalah sebesar Rp 7243.438.154.
MAD rata-rata sebesar Rp 31.241.035.
Dengan kisaran antara Rp 693.197.119
sampai dengan Rp 755.679.189.
- Exponential Smoothing
Peramalan penjualan bulan Juli tahun 2003 dengan
Exponential Smoothing MA (Ft(es) MA) sebesar
Rp 733.399.785 sedangkan untuk Exponential Smooting WMA (Ft(es) WMA)
adalah sebesar Rp 732.715.471.
2. Diantara kedua metode yang digunakan
hasilnya berbeda dengan metode yang digunakan oleh perusahaan sehingga penulis
mengambil kesimpulan bahwa forecasting yang digunakan perusahaan dengan metode
Exponential Smoothing sudah tepat, karena :
Metode
Exponential Smoothing merupakan gabungan dari metode MA, dan WMA. Dan hasil
peramalan penjualan metode ES lebih kecil dari kedua metode MA dan WMA dalam
arti hasil peramalan perusahaan menggunakan ramalan yang terkecil karena dengan
ramalan tersebut otomatis perusahaan tidak memproyeksikan labanya terlalu
tinggi, sehingga laba yang diproyeksikan mendekati kenyataan.
5.2 Saran
Setelah
melakukan analisis peramalan penjualan dan hasil penjualan yang diperoleh
berada dibawah rata-rata, untuk itu penulis dapat memberikan beberapa saran
pada PT INDOFERMEX yang munkin dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi
kepentingan perusahaan yaitu :
Perusahaan
lebih meningkatkan skill tenaga kerja dalam upaya peningkatan penjualan. Selain
itu perusahaan harus peka terhadap permintaan konsumen dengan memperhatikan
mutu produk, harga dan membina hubungan yang baik dengan para pemasok,
perusahaan pensuplai. Dengan demikian kepercayaan konsumen akan tetap terjaga.
Untuk itu perusahaan dapat memusatkan perhatiannya terhadap kepuasan pelanggan
dengan memberikan respon yang proaktif terhadap kebutuhan konsumen.
DAFTAR PUSTAKA
Basu Swasstha DH. Manajemen
Penjualan, edisi ketiga, BPFE, Yogyakarta,1999
Sofyan Assuri, Metode dan Tehnik Peramalan , edisi kesatu ,
Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1994.
Sofyan Assauri, Manajemen Produksi dan Operasi, edisi revisi,
Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1999.
T. Hani Handoko, Dasar – dasar Manajemen Produksi dan Operasi,
edisi pertama, BPFE, Yogyakarta, 1996.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar